PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF BESERTA PERBEDAANNYA

Penelitian kualitatif versus penelitian Kuantitatif
A. Penelitian Kualitatif
     Penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perpektif subjek) lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pemebahasan hasil penelitian.
    Penelitian kualitatif lebih subjektif dari pada penelitian atau survei kuantitatif dan menggunakan metode sangat berbeda dari mengumpulkan informasi terutama individu, dalam menggunakan wawancara secara mendalam dan grup fokus. Sifat dari jenis penelitian ini adalah penelitian dan penjelajahan terbuka berkhir dilakukan dalam jumlah relatif kelompok kecil yang diwawancarai secara mendalam.

Tujuan Penelitian Kualitatif
    Tujuan penelitian Kualitatif adalah untuk memehami fenomena atau gejala sosial dengan lebih menitik beratkan pada gambaran yang lengkap tentang fenomena yang dikaji.

B. Penelitian Kuantitatif 
     Penenlitian ini merupakan yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungan. Penelitian kuantitatif adalah definisi pengukuran data kuantitatif dan statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survei untuk mementukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Sebagai contoh : 240 orang, 79% dari populasi sampel, mengatakan bahwa mereka lebih percaya pada diri mereka pribadi masa depan mereka dari setahun yang lalu hingga hari ini. Menurut ketentuan ukuran sampel statistik yang berlaku maka 79% dari penemuan dapat diproyeksasikan ke seluruh populasi dari sampel yang telah dipilih pengambilan data ini adalah disebut sebagai survei kuantitatif atau penelitian kuantitatif.

Tujuan Penelitian Kuantitatif
    Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan metode-metode matematis, teori-teori dan hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam.

C. Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif

Dasar Perbedaan
Penelitian Kualitatif
Penelitian Kuantitatif
          Jenis data
kualitatif
Kuantitatif
          Proses penelitian
Induktif
Deduktif-Induktif
        Responden/obyek penelitian
Hanya satu yang dijadikan objek
Banyak
        Istrumen
Penelitian itu sendiri
Kuestioner dan Intrumen
Tujuan penelitian
Ekplorasi
Komfirmasi

Lebih lanjut bisa dilihat di teukuhusaini.blogspot.com tentang metode penelitian skripsi dan tesis

0 komentar

Posting Komentar