PENGERTIAN SENI RUPA, SENI RUPA MURNI, DAN SENI RUPA TERAPAN

Apriliani Nurhasana Budiarti
A. Pengertian Seni Rupa
Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan, kesan ini disiptakan dengan mengolah konsep, titik garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Sebagai karya seni, seni rupa dapat dikelompokkan dalam berbagai kepentingan. Berdasarkan bentuknya adanya karya seni rupa dua dimensi (dwimatra) dan karya rupa tiga dimensi (trimatra). Karya seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang diterapkan pada bidang datar seperti gambar, lukisan dan sejenisnya. Sedangkan karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang menggunakan bentuk-bentuk yang memiliki tiga ukuran (panjang, lebar, tinggi), sebagai mediumnya, seperti patung, karya kriya dan sejenisnya.

untuk mempelajari ilmu seni lebih langkap bisa dilihat di http://artculture88.blogspot.co.id/

Seni rupa dapat dibedakan menjadi seni rupa murni, seni kriya dan desain. Jenis-jenis seni rupa ini menunjukkan proses pembuatan dan bentuk karya yang dihasilkan, serta nama pembuatnya, yaitu seniman, kriyawan, dan desainer. 

  1. Seni Murni menekankan pada ungkapan pikiran dan perasaan, meliputi seni lukis, seni patung, dan seni grafis.
  2. Seni Kriya menekankan pada keterampilan teknik pembuatan karya, dengan hasil berupa karya kriya fungsional dan nonfungsional. Seni kriya menggunkan berbagai teknik dan media tertentu, misalnya kriya kayu, kriya logam, dan kriya tekstil.
  3. Karya Desain merupakan rancangan gambaran, benda, atau lingkungan yang didasarkan pada persyaratan-persyaratan tertentu. Desainer biasanya bekerja untuk keperluan klien.
B. Pengelompokan Seni Rupa

Seni rupa dapat dikelompokkan kedalam dua bagian diantaranya :

  1. Seni Rupa Murni
    Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan ekspresi pribadi. Sementara kriya dan desain, lebih mementingkan fungsi dan kemudahan produksi, secara umum, terjemahan seni rupa di dalam bahasa Inggris adalah "Fine Art".  Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah "Fine Art" menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan seni rupa desain dan seni rupa kriya ke dalam bahasa "Visual Arts" atau "Applied Arts" atau dalam bahasa indonesia seni terapan.
  2. Seni Rupa Terapan
    Seni rupa terapan adalah hasil karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai fungsi atau mangfaat. Seni rupa terapan mengacu kepada aplikasi desain dan estetika terhadap benda-benda yang dipergunakan manusia sehari-hari. Seni rupa terapan menggunakan desain dan idealisme  kreatif untuk menciptakan benda-benda keperluan sehari-hari, seperti cangkir atau bangku, dekorasi tanaman. Bidang-bidang seperti desain industri, desain grafis, desain interior, seni dekorasi, dan fungsional, ini merupakan contoh-contoh seni rupa terapan.
    Fungsi seni rupa terapan dibedakan ke dalam 2 yaitu :
    a. Fungsi Estetika adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tentang rasa keindahan misalnya lukisan, patung, dan benda hias.
    b. Fungsi Praktis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan benda pakai. Misalnya vas bunga, kursi ukir dan bingkai bunga.

1 komentar: